8 Wisata Pantai di Singkawang yang Populer

wisata pantai di Singkawang

Berbicara tentang wisata di Indonesia tidak akan pernah ada habisnya, terutama wisata alam. Dengan puluhan ribu pulau yang ada, Indonesia juga memiliki banyak sekali pantai yang tersebar di berbagai wilayah. Salah satunya adalah wisata pantai di Singkawang, Kalimantan Barat yang dikenal indah dan memesona.

Singkawang berada di sebelah utara kota Pontianak dengan jarak sejauh 145 kilometer. Asal usul nama kota ini konon berasal dari bahasa suku Hakka yaitu kata “San Kew Jong” yang berarti kota di antara laut, muara, gunung dan sungai. Singkawang juga dijuluki Kota Seribu Klenteng, Kota Amoi dan Hongkong van Borneo.

Singkawang dihuni oleh mayoritas penduduk keturunan Tionghoa, suku Melayu dan suku Dayak. Meski penduduknya punya latar belakang budaya yang beragam, mereka tetap hidup berdampingan, rukun dan harmonis. Itulah yang menjadi alasan Singkawang sempat meraih penghargaan sebagai kota paling toleran.

Daftar Wisata Pantai Terpopuler di Singkawang

Singkawang yang dikenal akan keragaman budayanya juga memiliki daya tarik dari sektor wisatanya. Berbatasan langsung dengan laut, Singkawang punya banyak destinasi wisata pantai yang terkenal. Inilah daftar wisata pantai di Singkawang yang populer di kalangan wisatawan.

  • Palm Beach

Palm Beach yang berada di Singkawang Selatan ini merupakan pantai dengan pemandangan pasir putih yang menghampar luas. Pemandangan tersebut menjadi paduan sempurna bersama bebatuan di bibir pantai. Keindahan pantai ini juga semakin lengkap dengan adanya pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai.

Palm Beach sebagai salah satu wisata di Singkawang memiliki ombak yang relatif tenang. Meski begitu, pengunjung tetap disarankan untuk waspada ketika berenang dan bermain di tepi pantai. Pengunjung juga bisa melakukan aktivitas seru lain seperti berkemah, bermain voli pantai, hingga off-road.

  • Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang menjadi tujuan wisata wajib saat di Singkawang. Nama tersebut diberikan karena pantai ini memiliki bibir pantai yang panjang hingga mencapai 3 kilometer dengan hamparan pasir putih. Dengan bibir pantai yang panjang itu, pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti sepak bola dan voli.

See also Pantai Karangnini, Daya Tarik Alam Unik yang Mengagumkan

Sementara di lautnya yang punya air jernih, pengunjung bisa berenang dan menyelam. Selain itu, berburu sunset juga jadi aktivitas yang dilakukan banyak orang saat berada di pantai ini. Keindahan alam wisata pantai di Singkawang ini didukung oleh lengkapnya fasilitas yang akan membuat pengunjung semakin betah.

  • Pantai Batu Burung

Pemandangan menakjubkan yang sedikit berbeda dapat ditemui di Pantai Batu Burung. Di bibir pantai ini, terdapat bebatuan granit yang bertebaran. Adanya sebuah jembatan yang menjulur ke laut juga semakin menambah keindahan pantai di Singkawang Selatan ini. Bukan hanya warga lokal, pantai ini banyak didatangi wisatawan dari luar daerah.

Pantai Batu Burung termasuk pantai yang tergolong landai dan ombaknya tidak terlalu besar. Karena itulah, pengunjung bisa bermain air dan berenang dengan lebih leluasa. Pengunjung dapat mencoba pengalaman naik perahu nelayan atau memancing. Di sore hari menjelang petang, pengunjung dapat melihat pemandangan sunset di wisata pantai di Singkawang ini.

  • Pantai Sedau

Pantai Sedau termasuk destinasi wisata favorit di Singkawang karena akses jalannya yang mudah. Letaknya yang strategis juga menjadi alasan mengapa tempat wisata ini selalu dipenuhi pengunjung dari berbagai daerah. Pantai Sedau sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Tidak hanya bisa menikmati keindahan pantai sampai puas, pengunjung juga bisa menyaksikan atraksi lucu dari hewan-hewan yang terlatih. Hiburan yang disediakan oleh pihak pengelola itu dijamin akan menjadikan pengalaman berlibur ke wisata pantai di Singkawang akan terasa lebih berkesan.

  • Pantai Tanjung Bajau

Bukan tanpa alasan mengapa Pantai Tanjung Bajau wajib masuk dalam daftar destinasi wisata saat ke Singkawang. Pantai ini menyajikan perpaduan pemandangan alam pantai dan pegunungan. Hasilnya berupa penampakan alam yang keindahannya mampu menghipnotis siapa saja yang melihat.

See also Refreshing Yuk! Ini Rekomendasi Villa di Sentul dengan Suasana Cozy

Berlibur ke Pantai Tanjung Bajau yang merupakan wisata pantai di Singkawang, pengunjung bisa merasakan atmosfer yang tenang dan menyenangkan. Pemandangan laut yang biru berpadu indah dengan deretan gunung yang menghijau. Pengunjung dapat melihat koleksi hewan serta terdapat pula wahana permainan untuk anak-anak.

  • Pantai Batu Payung

Ingin berlibur ke pantai sekaligus bisa bermain di berbagai macam wahana? Datang saja ke Pantai Batu Payung. Pantai indah di Singkawang ini menyajikan beragam wahana yang bisa dijajal oleh pengunjung, mulai dari wisata naik perahu, kora-kora, flying fox, hingga ontang anting.

Soal keindahannya, Pantai Batu Payung tak kalah dengan destinasi wisata pantai di Singkawang lainnya. Bentangan pantai yang panjang menghadirkan pemandangan indah yang memikat. Pengunjung bisa datang menjelang sore jika ingin menikmati suasana matahari terbenam di pantai ini.

  • Pantai Gosong

Mendengar namanya, banyak orang penasaran dengan apa yang ada di pantai ini. Kebanyakan orang mengira pantai ini memiliki pasir hitam sehingga dinamai Pantai Gosong. Nyatanya, pantai ini justru memiliki hamparan pasir putih yang bersih dan luas. Apalagi air lautnya yang berwarna biru menjadikan pantai ini semakin cantik.

Pantai Gosong terletak di dekat muara sungai. Hal itu menyebabkan air di tempat ini sedikit keruh karena merupakan campuran air asin dan air tawar. Namun, air keruh itu akan terlihat jernih ketika sudah sampai di laut. Jadi pantai ini tetap indah meski namanya terdengar unik dan bahkan aneh.

  • Pulau Randayan

Datang ke Pulau Randayan akan membuat pengunjung merasakan seolah sedang berada di pulau pribadi. Pulau kecil yang memiliki pantai pasir putih ini tergolong tempat yang sepi. Maka dari itu, tempat ini cocok didatangi oleh wisatawan yang ingin merasakan sensasi alam yang tenang dan asri.

See also Musim Salju di Turki dan Destinasi Wisata Musim Dingin

Pulau Randayan dulunya sempat dimiliki oleh perorangan. Seiring berjalannya waktu, pulau ini tujuan wisata bahari yang terkenal di Singkawang dan sekitarnya. Pengunjung yang datang tidak hanya dari daerah terdekatnya saja, tapi juga dari seluruh penjuru Indonesia.

Itulah daftar wisata pantai di Singkawang yang jadi favorit wisatawan. Keindahan pantai-pantai tersebut memang terbukti nyata. Anda bisa menjadikan pantai-pantai tersebut sebagai tujuan wajib saat berkunjung ke Singkawang.

Untuk perjalanan liburan atau ke tujuan mana saja, pastikan Anda sudah memiliki asuransi perjalanan. Anda bisa menemukan pilihan asuransi terbaik dengan berbagai manfaatnya dengan mengunjungi situs cekpremi.com.

Referensi:

Liputan6 (Image)

Traveloka

Pesisir

Keluyuran